Jenis-Jenis Teknologi Komunikasi dan Contohnya

Komunikasi

 Komunikasi merupakan kegiatan yang harus kita lakukan dalam kehidupan seseorang. Yang lain berpendapat bahwa komunikasi adalah  alat yang berguna untuk memindahkan  informasi dari satu tempat ke tempat lain. Perkembangan komunikasi tergantung pada kebutuhan orang itu sendiri. Dengan perkembangan komunikasi, teknologi komunikasi juga berkembang dengan pesat. Di bawah ini adalah daftar jenis-jenis teknologi komunikasi. 

A. Jenis teknologi komunikasi modern (elektronik) 

 Jenis teknologi komunikasi modern (elektronik) Merupakan teknologi komunikasi yang menggunakan tenaga listrik. Dan berikut adalah jenis-jenis teknologi komunikasi modern (elektronik) yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari: 

1. Telepon 

Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang berguna untuk menerima informasi berupa suara. Seseorang yang menggunakan jaringan kabel untuk mengirim informasi melalui sinyal listrik. Telepon merupakan salah satu teknologi komunikasi jarak jauh. Kata "telepon" berasal dari bahasa Yunani. tele = jauh, phone = suara. Telepon pertama kali ditemukan pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell. Hingga saat itu, teknologi berkembang dan maju dengan sangat pesat. Di balik semua itu, ada banyak kelebihan dan kekurangan telepon. 

 Kelebihan: 

  • pada jaringan telepon ini selalu tersambung, sehingga pengguna dapat menggunakannya setiap saat.
  • Tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak

Kekurangan:

  • Membutuhkan saluran kabel jadi tidak portabel. 
  • Pengguna bergantung pada jaringan  yang disediakan.

2. Radio

Radio


Radio adalah alat komunikasi yang menggunakan  gelombang elektromagnetik untuk menerima informasi  berupa suara. Sebuah radio memiliki tiga komponen yang mendukung sistem pemancar, sumber suara, dan antena pemancar. Kelebihan dan kekurangan radio adalah : 

 Kelebihan: 

  •  Sumber informasi yang sangat terjangkau, 
  •  Dapat terhubung ke jaringan publik apa pun, . 

 Kekurangan 

  • Untuk menerima sinyal (gelombang), Anda harus menemukan tempat tertentu 
  • Komunikasi bersifat satu arah 
  • Frekuensi radio hanya bersifat lokal saja.

3.Televisi 

Televisi adalah sistem elektronik yang mampu menerima pesan atau sinyal berupa gambar dan suara melalui gelombang. Televisi ditemukan oleh Gottileb Paul Nipkov pada tahun 1860-1940, dan ada dua jenis televisi: digital dan analog. 


4. Handphone/HP 

HP merupakan perangkat elektronik yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi (pertukaran informasi)  berupa suara, teks, dan gambar. HP berkembang sangat cepat. Ponsel (HP) memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. 

Kelebihan:

  • Ponsel murah ini dulunya sangat mahal. Namun, meningkatnya persaingan di antara provider telah menurunkan biaya untuk berbagi informasi.
  • Memiliki jaringan internet, MP3, melihat video, SMS, MMS, aplikasi dan banyak fitur lainnya. Masih banyak lagi.
  • Lebih praktis daripada telepon karena bisa dibawa kemana-mana. 

Kekurangan: 

  • Jaringan tidak dapat digunakan disetiap tempat 
  • Mahal untuk penggunaan interlokal. 

5. Satelit 

Satelit adalah sebuah teknologi komunikasi yang digunakan di luar angkasa yang berfungsi untuk menerima sinyal  dari Bumi ke bagian lain planet ini. 

6. Faximile 

Faximile, fungsi dari teknologi komunikasi ini adalah untuk mengirim  dan menerima informasi dalam bentuk teks/gambar. Faks ini bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. 

7. Telegram

Telegram - teknologi komunikasi jarak jauh. Telegram adalah kata majemuk dari kata Yunani tele = jauh dan graphien = menulis. Telegram ini ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1837 oleh Samuel FB Morse. Fungsi  telegram adalah untuk mengirim  pesan yang dinyatakan dalam kode Morse. 

8. Pager

Pager

Pager adalah alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Pager numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon. Pagealphanumerik juga tersedia dengan sistem dua arah dapat mengirim pesan melalui surat elektronik atau SMS

Pager ditemukan oleh Multitone Electronic pada tahun 1956 di Rumah Sakit St.Thomas, London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat. Sejak itu, pager berkembang. Jutaan pesan dikirimkan kepada orang-orang yang membutuhkan informasi yang cepat.

Kelebihan pemakaian pager dibandingkan dengan telepon seluler adalah karena sistemnya yang satu arah sehingga lokasinya tidak dapat ditetapkan.

Kerugian pemakaian pager adalah pesan dari setiap pengirim dengan pager dapat ditangkap oleh jaringan pager lainnya jika menggunakan layanan nasional sehingga pesan yang terkirim dapat dideteksi oleh para agen kriminal atau hukum yang tidak diinginkan.

9. E-mail

E-mail

E-mail adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman, tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.

Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer bingkai utama yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. 

B. Jenis-jenis Teknologi Komunikasi  Kuno 

 Setelah belajar menulis, manusia  mulai mengukir gambar binatang dan manusia pada tulang. batu; taring; dan bahan lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis teknologi komunikasi yang digunakan pada zaman dahulu. 

1. Kentongan

Kentongan yang terbuat dari batang bambu yang  cukup keras dan berukuran besar. Kentongan ini mulai menghilang secara perlahan dari waktu ke waktu. Pada era ini, kentongan juga digunakan sebagai alat tambahan untuk siskamling. 

2. Prasasti 

Prasasti Pada zaman dahulu, prasasti digunakan sebagai alat komunikasi  sederhana. Prasasti tersebut menggunakan pembawa dari kulit bambu, kayu, batu, kulit binatang, dll sebagai medianya. 

3. Asap 

    Biasanya alat komunikasi tunggal ini digunakan untuk mengumumkan keberadaan orang/kelompok yang tidak terjangkau. Namun, pada  zaman dahulu alat ini digunakan sebagai sarana pertukaran informasi. 


Komponen yang diperlukan untuk komunikasi adalah pengirim, penerima, media, dan format komunikasi. Keempat komponen ini penting untuk kelancaran komunikasi. Ada banyak alat komunikasi canggih yang tersedia saat ini. Dan berbagai jenis teknologi komunikasi  dari zaman dahulu hingga sekarang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url