Pengenalan Hosting, Pengertian dan Jenisnya


    Berbagai
 jenis informasi dapat diperoleh melalui internet. Bentuk informasi tersebut berupa website, aplikasi, dan sebagainya.  Berbagai jenis informasi tersebut dapat diunggah ke internet sehingga dapat diakses oleh user di seluruh dunia. Pad:a website dan berbagai layanan di internet lain tersebut menggunakan fasilitas hosting

Pengertian Hosting

    Hosting adalah layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat terpusat yang disebut dengan server dan dapat diakses melalui jaringan internet. Sebuah perusahaan penyedia layanan hosting akan mendapatkan data pengguna disebut atau gabungan beberapa Server.

    Secara sederhana hosting dapat diartikan sebagai gudang penyimpanan online. File yang disimpan di hosting antara lain file website, aplikasi, konten (gambar, audio, teks), layanan IT.

Fungsi & Keuntungan Hosting

    Secara umum, hosting berfungsi untuk menyediakan layanan yang memungkinkan user dapat menyimpan data (database dan HTML) untuk dapat diakses dari mana saja melalui jaringan internet.

Berikut merupakan keuntungan keuntungan menggunakan hosting.

  • Website selalu online dan mudah diakses
  • Pengelolaan website menjadi lebih mudah
  • Terdapat layanan bantuan

Jenis-jenis Layanan Hosting

    Semua jenis layanan hosting sama-sama berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data-data website, tetapi mereka mempunyai spesifikasi yang berbeda, mulai dari harga, kontrol terhadap server, besarnya tempat penyimpan data,tingkat keamanan, kecepatan server, dan juga keandalannya.

Penjelasan jenis-jenis layanan hosting sebagai berikut. 

1. Shared Hosting

    Shared Hosting adalah jenis layanan hosting dimana server digunakan secara bersama-sama oleh beberapa pengguna atau website lain. secara logis, server pada shared hosting ini dibuat untuk dapat melayani, mengakomodasi, dan mengoperasikan lebih dari satu situs web. Penggunaan server secara bersama ini meliputi berbagi ruang penyimpanan, jaringan, daya komputasi, dan sumber daya lainnya.  Layanan Share hosting ini yang paling banyak digunakan, terutama bagi pemula. Karena harganya yang terjangkau

2. VPS Hosting

    Sebuah virtual private server hosting membagi server ke server virtual, di mana setiap website adalah seperti host di dedicated server mereka sendiri, tetapi mereka benar-benar berbagi server dengan beberapa pengguna lain yang berbeda. Setiap pelanggan diberi kekuasaan untuk mengelola hosting yang disewa karena masing-masing pelanggan memiliki hak akses root, menginstal aplikasi sendiri, memiliki sistem operasi dan dapat dapat digunakan untuk membuat beberapa website sekaligus. Jenis hosting ini tidak cocok dengan pemula karena instalasi dan manajemen perangkat lunak lebih rumit.

3. Dedicated hosting server

    Jenis layanan hosting ini termasuk layanan berbayar yang cukup mahal. Pengguna layanan ini biasanya perusahaan atau organisasi yang cukup besar. Pada dedicated hosting server, penyedia layanan hosting menyewakan satu server hanya kepada satu pelanggan. Dengan demikian, pelanggan secara penuh bisa memakai sumber daya dan server untuk kebutuhan sendiri seolah-olah pelanggan menjadi pemilik server tersebut. Server hosting ini tidak akan terpengaruh oleh akun pengguna atau website lain sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi down yang diakibatkan oleh terpengaruhnya website lain.

4. Cloud Hosting 

    

Cloud Hosting

Cloud hosting menawarkan kecepatan dan keamanan lebih baik dibandingkan layanan hosting lain. Istilah cloud ini maksudnya adalah sumber daya yang tidak hanya pada satu server saja, tetapi menggunakan banyak server yang tersebar di seluruh dunia. Apabila ada satu server yang down maka akan digantikan dengan server yang lain.

Dengan cloud hosting, website anda mendapatkan alokasi sumber daya khusus (CPU, RAM dan kapasitas disk) yang pemakaiannya tidak dibagi dengan pengguna lainnya. Jika salah satu pengguna melebihi batas sumber daya yang telah dialokasikan untuknya, maka hanya website dari pengguna bersangkutan yang akan mengalami penurunan performa.

5. Colocation Hosting Server 

    Colocation hosting server adalah jenis layanan server yang menggunakan tempat penyimpanan atau penitipan server di pusat data yang memiliki standar keamanan fisik dan infrastruktur, seperti kestabilan akses internet, cctv, dan personel keamanan yang akan bekerja setiap hari dalam memantau server. Server tersebut sepenuhnya pemilik pelanggan dan dikelola sendiri oleh pelanggan.

Spesifikasi Kebutuhan hosting

Untuk membantu dalam pemilihan hosting yang sesuai dengan tingkat kebutuhan, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, yaitu sebagai berikut.

  1. Reputasi penyedia layanan hosting
  2. Kecepatan server
  3. Tingkat kebutuhan
  4. Bandwidth
  5. Lokasi server
  6. Fitur Hosting
  7. Customer service yang baik
  8. Garansi uang kembali
  9. Harga
Itu saja penjelasan kali ini semoga dengan tulisan ini membuat anda tahu tentang hosting dan mempertimbangkan apa layanan hosting yang cocok untuk anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url