Pembahasan tentang perbedaan ubuntu server dan ubuntu desktop


 Sudah Sekian lama, Ubuntu telah menjadi sistem operasi linux yang paling banyak diminati dalam bisnis software. Ubuntu memiliki dua edisi yaitu Ubuntu stable dan Ubuntu LTS, yang merupakan singkatan dari Long Term Support. Juga beberapa Varian dari Ubuntu yaitu Ubuntu Kylin, Core, Cloud, ubuntu Desktop dan Ubuntu server. Pada artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server.

Pengertian Ubuntu Desktop

Ubuntu Desktop adalah sistem operasi GUI open source yang tersedia secara gratis. Walaupun sistem operasi ini memiliki Graphical User interface (GUI), distro linux ini masih bisa menggunakan command line-nya dengan cara membuka aplikasi yang dinamai sebagai "terminal". bagi yang tak terbiasa menggunakan command line, tetap bisa melakukan dengan GUI-nya. Secara Fungsional ini juga terlhiat seperti tampilan desktop populer lainnya seperti Windows dan Mac Os. Namun, beberapa fungsi jauh lebih mudah diakses dengan menggunakan terminal.

Secara arsitektur file sistem Ubuntu Desktop mirip dengan OS Android. Direktori file dapat dinavigasikan dengan memanfaatkan file manager. File manager default mudah digunakan, tetapi jika anda tidak suka dengan file manager default anda bisa menggunakan file manager alternatif lainnya yang bisa anda download.

Ubuntu Destop memiliki lebih banyak opsi kustomisasi. Anda dapat menggunakan terminal atau software center untuk penginstalannya. Ubuntu Desktop memiliki dock yang berisi aplikasi favorit kalian di sisi kiri secara default yang bisa dipindahkan dimana saja dan juga panel berisi global app menu, jam dan system tray di sisi atas. Banyak utilitas sudah diinstal sebelumnya di Ubuntu Desktop. Selain itu, banyak aplikasi lain yang ada di repositori online dapat diunduh menggunakan Software Center. Berikut adalah daftar beberapa utilitas Ubuntu Desktop yang sudah diinstal sebelumnya: Movie Player, LibreOffice, Thunderbird, Firefox, Gedit, Ubuntu One Music Store, dll.

Pengertian Ubuntu Server

Ubuntu Server memberikan sebuah sistem operasi lengkap yang dapat digunakan. Sistem operasi ini bekerja mengandalkan command line interface (CLI). Setelah menginstall Ubuntu server, anda akan melihat kursor berkedip saat pertama kali menyalakan komputer server anda. Untuk orang yang terbiasa menggunakan tampilan desktop GUI, ini bisa membingungkan saat melihatnya. 

Ubuntu Server hanya kebutuhan minimum untuk digunakan. jika pengguna Ubuntu Server membutuhkan tampilan dekstop (GUI), maka itu dapat diinstal. Ubuntu Desktop dan Server menggunakan repositori aplikasi yang sama. Karena sistem operasi server dirancang untuk digunakan sendiri, tidak ada utilitas desktop yang dijelaskan di atas yang diinstal sebelumnya di Server Ubuntu. Saat menginstal Server Ubuntu, Anda memiliki opsi untuk menginstal paket perangkat lunak sesuai dengan jenis server Anda. Setelah anda mensetting Ubuntu Server anda, anda dapat menginstal software melalui command line. Paket perangkat lunak yang tersedia adalah Mail server, Samba File server, DNS server, Print server, LAMP server, Tomcat Java server, OpenSSH server, Virtual Machine host, dll.

lalu apa perbedaan Ubuntu Server dengan Ubuntu Desktop?

Perbedaan Ubuntu Server dengan Ubuntu Desktop

Perbedaan dari berbagai segi

Dari segi tampilan

Perbedaan yang mendasar adalah dari segi tampilan. Tidak seperti Ubuntu Desktop Ubuntu Server tidak memiliki GUI walaupun bisa diinstal berbagai macam desktop enviroment tetapi jarang sekali server menggunakan Desktop environment agar tidak memakan banyak resource komputer server tersebut.

Sebagian besar server headless atau tanpa tampilan monitor untuk berinteraksi dengan mesin, Server juga tidak menggunakan konfigurasi tampilan, mouse, atau keyboard. Itu juga alasan mengapa server biasanya dikelola dari jarak jauh melalui SSH. Beberapa sistem operasi Linux Menawarkan GUI sementara ada juga yang tidak. Sedangkan Ubuntu Desktop akan menginstal Dekstop environment, dengan asumsi mesin anda memiliki video output.

Dari proses instalasi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Ubuntu Server tidak memiliki Antarmuka Pengguna Grafis, oleh karena itu proses instal berbeda dengan Ubuntu Desktop. Ubuntu Server memiliki menu yang digerakan oleh proses saat menginstal, mirip dengan proses penginstalan aplikasi di terminal pada Ubuntu desktop.

Dari segi macam aplikasi

Ubuntu Desktop memiliki aplikasi umum yang sudah diinstal seperti LibreOffice, aplikasi produktivitas, Firefox untuk web browser dan banyak lagi. Di sisi lain, Ubuntu Server hadir dengan berbagai aplikasi berdasarkan kebutuhan server. dengan demikian Ubuntu server dapat digunakai sebagai web server, mail server, samba server, dan file server. Apache2 dan Bind9 juga merupakan aplikasi khusus server. Aplikasi ubuntu server berfokus pada konektivitas terhadap klien dan server dengan tetap menjaga keamanan dan kestabilan, sedangkan aplikasi Ubuntu Desktop dikhususkan untuk PC pribadi yang untuk digunakan produktivitas umum.

Dari Segi kinerja

Ubuntu Server tidak perlu menggunakan Desktop Environment sehingga resource dapat dialihkan ke tugas server itu sebabnya secara kinerja lebih baik dibandingkan Ubuntu Desktop. Jika Anda menginstal Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server pada dua pc yang sama dengan spesifikasi default, Server akan secara konsisten mengungguli Desktop.

System Requirements Ubuntu Server dengan Ubuntu desktop

Sekarang, mari kita bahas tentang system requirements Ubuntu server dengan Ubuntu desktop.

Ubuntu Server:

  • RAM 512 MB
  • Hard Drive 2,5 GB
  • CPU 1Ghz
  • Tersedia drive CD/DVD atau port USB untuk media penginstal

Ubuntu Desktop:

  • Prosesor dual core 2Ghz
  • 4 GiB RAM (memori sistem)
  • 25 GB (minimal 8,6 GB) ruang hard drive 
  • VGA mampu menampilkan resolusi layar 1024x768
  • Tersedia drive CD/DVD atau port USB untuk media penginstal


Apakah Desktop Ubuntu dan Server Ubuntu menggunakan Kernel yang Berbeda?

Tidak. Versi Desktop dan Server Ubuntu telah menggunakan kernel yang sama sejak versi 12.04 dirilis. Anda dapat menginstal paket apa pun di Desktop Ubuntu atau Server Ubuntu karena mereka menggunakan kernel yang sama. Pernyataan ini menyatakan bahwa meskipun penginstalan default berbeda, Anda masih dapat menyesuaikan rasa Ubuntu Anda sesuai dengan preferensi Anda. Karena Ubuntu Desktop dan Server berbagi inti kernel Ubuntu yang sama, perbedaan instalasi default tidak menghentikan instalasi paket perangkat lunak lain.

Jadi pilih yang mana?

instal Ubuntu Desktop jika anda menggunakan komputer setiap hari seperti biasa. Aplikasi utilitas dan multimedia yang tersedia berbagai macam. juga dari segi pemasangan dan juga penginstalan sangat mudah. Juga anda dapat menggunakan Ubuntu Desktop sebagai server ubuntu dengan menjalankan aplikasi server.

Pilih Ubuntu Server jika anda ingin mengoperasikan server headless. Anda selalu dapat memiliki opsi untuk menginstal GUI nanti karena kedua varian Ubuntu ini menggunakan kernel yang sama.adalah yang terbaik untuk jenis server tertentu yang menyertakan paket. Misalnya, Anda dapat memilih Ubuntu Server untuk membuat web server atau mail server. Pilih opsi yang membutuhkan paling sedikit pekerjaan untuk proyek Anda. Jika Ubuntu Server Anda sudah memiliki paket yang dibutuhkan, gunakan paket tersebut, dan Anda akan dapat mengatur Desktop environment Ubuntu Anda. Atau, dalam kasus lain, apakah Anda memerlukan GUI tetapi juga memerlukan perangkat lunak server yang tidak termasuk dalam instalasi Server standar? Jadi, instal Ubuntu Desktop dan perangkat lunak yang Anda butuhkan.

Kesimpulan

Ubuntu telah memperkenalkan berbagai rasa di industri perangkat lunak, termasuk Ubuntu Server, Ubuntu Desktop, Cloud, Kylie, dll. Varian Ubuntu ini memastikan bahwa Ubuntu mempertahankan posisinya dan menarik klien baru. Artikel ini telah menyusun perbedaan antara Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server berdasarkan kinerjanya, GUI, penyimpanan yang diperlukan, proses instalasi, dan aplikasi pra-instal. Jika Anda menginginkan server yang andal dengan antarmuka baris perintah, pilih "Ubuntu Server". Di sisi lain, jika Anda ingin memanfaatkan lingkungan desktop yang terdiri dari GUI yang hebat dan utilitas pra-instal, "Ubuntu Desktop" adalah pilihan yang tepat untuk Anda!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url